8 Makanan yang Bikin Cepat Tua, dari Gorengan hingga Daging Olahan

Minggu, 13 Oktober 2024 - 15:20 WIB
loading...
8 Makanan yang Bikin...
Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena memicu penuaan dini. Foto/ medtour.
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi makanan tentu penting sebagai asupan energi harian. Namun, ternyata ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dibatasi, bahkan dihindari karena memicu penuaan dini . Ini karena makanan tersebut dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan merusak kolagen serta elastin di kulit.

Lantas, makanan apa saja yang bisa memicu penuaan dini dan jenis makanan apa saja yang harus dibatasi serta dihindari? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.


Makanan yang Bikin Cepat Tua

1. Roti
Ketika karbohidrat olahan, seperti roti bercampur protein, maka dapat membentuk advanced glycation end products atau AGEs. Diketahui, AGEs memiliki efek langsung pada peningkatan risiko penyakit kronis dan mempercepat penuaan dengan cara menimbulkan peradangan pada tubuh.

2. Daging olahan
Daging olahan seperti ham, bacon dan sosis mengandung lemak jenuh dan sulfit, yang dapat menyebabkan kulit kering dan melemahkan kolagen.

Selain itu, daging olahan juga mengandung tinggi garam yang dapat membuat kulit bengkak. Sebagai alternatif, kamu bisa konsumsi daging rendah lemak seperti kalkun atau ayam, yang dikemas dengan protein dan asam amino yang berfungsi dalam pembentukan kolagen alami.

3. Makanan tinggi garam
Mengonsumsi terlalu banyak makanan asin atau tinggi sodium juga bisa membuatmu terlihat lebih cepat tua. Pasalnya, terlalu banyak makan garam dapat membuat tubuh menumpuk air, sehingga tampilan kulit menjadi sembap dan tidak segar.

4. Makanan tinggi gula
Makanan yang mengandung tinggi gula dapat merusak kolagen pada kulit. Kolagen merupakan protein penting yang menyusun kulit, kuku, dan jaringan lain pada tubuh.

Kerusakan kolagen ditandai dengan kulit yang kendur, kering, dan kusam. Asupan gula pada makanan manis membuat hilangnya kehalusan dan kekencangan pada kulit.

Produksi kolagen yang buruk membuat kulit cepat mengalami keriput dan penuaan. Meskipun secara alami seiring dengan pertambahan usia produksi kolagen akan menurun, namun kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi gula dapat mempercepat proses penuaan.

5. Makanan cepat saji
Jika kamu tidak ingin mengalami penuaan dini, maka hindari makanan cepat saji sesering mungkin. Orang yang terlalu sering makan makanan cepat saji olahan cenderung mengalami perubahan dalam kromosom terkait dengan penuaan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)